Kumpulan algoritma google terbaru


Untuk seorang publisher tentunya harus mengetahui update algortima terbaru dari mesin pencari google, Hal ini sangat penting agar website atau blog kita tetap terindex oleh google.

Sebelum anda mengetahui list update algortima dari mesin pencari google, ada baiknya anda harus tahu dulu apa itu algoritma? Untuk sebagian publisher mungkin sudah tahu apa itu algoritma, tapi sebagian juga mungkin belum mengetahui tentang algortima.

Disini admin akan menjelaskannya secara singkat agar yang belum tahu tentang algoritma dapat mengetahuinya.

Pengertian Algoritma

Algortima adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dengan menggunakan perhitungan atau logika yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah solusi dari masalah yang ada. Untuk menyelesaikan sebuah masalah menggunakan algoritma kita harus membuat langkah langkah yang tersusun secara terstruktur mulai dari tingkatan yang mudah sampai yang sulit agar kita cepat untuk menyelesaikan masalah.

Jadi algoritma sangat penting untuk mesin pencari google dalam mengembangkan cara kerja dari mesin pencari. agar apa yang di cari pengunjung tepat sasaran. Untuk mesin pencari google banyak algoritma yang digunakan dan diupdate setiap tahunnya. Hal ini tentunya akan berdampak pada pemilik situs atau publisher.

Hubungan Algortima Google Search Engine Dengan Pemilik Website

Setiap tahun google sering membuat atau mengupdate algortima untuk mesin pencari, Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan pemilik situs agar web atau situs kita tidak tenggelam dalam mesin pencari google. Salah satu tujuan utama google sering mengupdate algoritma ialah untuk membuat pengunjung agar mendapatkan jawaban yang tepat setelah pengunjung tersebut mengetikan kata kunci yang ingin dicari melalui mesin pencari google.

Baca Juga artikel kami tentang Cara mendatangkan 1000 pengunjung perhari Untuk Blog Baru

Berikut ini Kumpulan List Algortima Google Search

Berikut ini kumpulan list algoritma yang admin dapatkan dari beberapa sumber :

Google Caffeine

Proyek rahasia ini pertama kali datang di bulan Agustus 2009 dan mulai diakuisis resmi pada Juni 2010. Ketika software engineer Google public webmaster diundang untuk mencoba versi yang lebih baru dari mesin pencari dan memberikan umpan balik mereka. Berikut pernyataan penuh google setelah menyelesaikan umpan balik
Based on the success we’ve seen, we believe Caffeine is ready for a larger audience. Soon we will activate Caffeine more widely, beginning with one data centre. This sandbox is no longer necessary and has been retired, but we appreciate the testing and positive input that webmasters and publishers have given.

Google Panda 

Perubahan algoritma ke Google Panda ini bertujuan untuk menyaring website dengan konten rendah dari SERP (Search Engine Result Page), seperti artikel tulisan yang didapast dari hasil copy-paste, plagiat, dan lainnya. Google ingin memperbaiki hasil indeks pada setiap keyword yang dicari oleh user.

Kinerja Algoritma Google Pada intinya, Google ingin mengurangi spammer, website-webiste yang mengikuti kontes dengan kata kunci tertentu, para penjual link dan sebagainya.

Google Pinguin

Update pada masa ini bertujuan menurunkan peringkat di mesin pencari untuk situs yang melanggar Panduan Webmaster Google seperti contoh kata kunci isian yang berpartisipasi di link skema yang dengan disengaja menciptakan duplikat konten dan lain sebagainya.

Algoritma Penguin juga turut mengincar situs atau blog yang melakukan keyword stuffing dan segala perbuatan berhubungan langsung dengan black-hat SEO. Di sisi berbeda algoritma ini justru menghadiahi website yang mengusung white-hat SEO dengan kualitas konten yang lebih disukai.

Google Pirate

Algoritma Pirate, merupan sebuah sistem ketentuan pada sebuah mesin pencarian untuk menyaring Web atau Blog yang tidak kompeten. Algoritma ini bertujuan untuk mencegah situs-situs yang banyak menerima laporan pelanggaran hak cipta mendapatkan ranking yang bagus di mesin pencari Google.

Laporan ini dibuat melalui sistem DMCA (Digital Millenium Copyright Act) oleh orang-orang yang merasa konten yang ada di sebuah situs Web atau Blog telah melanggar hak cipta orang lain dengan, cara membuat konten tanpa izin Seperti : Sofware, Lagu, Filem, Klip Video, Gambar dan sebagainya.

Google Hummingbird

Google pertama kali merilis Hummingbird pada ulang tahun ke-15, tepatnya September 2013 silam, bertujuan mencari website yang mengedepankan kecepatan dan ketepatan. Algoritma ini memungkinkan Google menyegarkan kembali indeks dan mesin pencari buatan mereka.

Bukan hanya itu saja, mereka turut menyimpan beragam elemen penting milik algoritma pencarian versi terdahulu. Bisa dikatakan bahwa Algoritma Google Hummingbird mencakup seluruh elemen penting dari algoritma terdahulunya (penyempurna).

Google Pigeon

Sama seperti algoritma Google yang lainnya, fungsi dari Algoritma Pigeon ini untuk mengontrol sebuah situs Website atau Blog yang berapa di halaman mesin pencari Google. Tetapi, algoritma ini lebih berfokus kepada pencarian lokal terhadap situs Website atau Blog.

Beberapa pakar SEO mengatakan bahwa Algoritma Google Pigeon hanya berfokus pada pencarian lokal, jadi dampak yang diterima kemungkinan tidak terlalu signifikan. Pengaruh yang di hasilkan dari Google Pigeon ada pada hasil pencarian saja. Dan di sinilah peran artikel dan keyword sangat penting.

Google Mobilegeddon

Google sedang benar-benar mengembangkan algoritma dimana situs web yang belum menggunakan tema user untuk mobile akan menerima peringatan. Tentunya, hal tersebut akan merugikan para developer website apabila belum menerapkan theme mobile.

Dari namanya saja, kita sudah tau betul apabila algoritma ini bertujuan untuk versi mobile atau smartphone. Tujuan dibuatnya Algoritma Mobilegeddon yaitu untuk memperbarui pencarian di perangkat handphone pintar supaya website mempunyai tampilan mobie friendly.

Google Dinosaurus

Perubahan Algoritma Google semata ditunjukan untuk pengguna user experience yang jauh lebihbaik, agar para pengguna dapat menemukan situs yang mereka cari dengan tepat, cepat dan dengan Low Quality Content.

Algoritma Google ini adalah algoritma yang berguna untuk memaksimalkan hasil pencarian pada SERP (Search Engine Result Page). Algoritma ini ditujukan agar peringkat hasil penelusuran yang dicari pengguna, bisa tepat sasaran dan sesuai dengan topik yang pengguna inginkan.

Dari semua algoritma google yang sudah ada. yang terpenting untuk seorang publisher ialah dengan membuat content yang berkualitas dan juga kita sebagai publisher harus tahu tentang SEO agar artikel kita cepat terindex oleh google.

Baca juga artikel kami Tentang SEO agar lebih tahu cara kerja blog kita agar lebih SEO friendly.


Mungkin ini dulu yang dapat admin bagikan, Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa tinggalkan komentar dan share artikel ini.

Posting Komentar

0 Komentar