Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog

Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog
Keyword Research

Tujuan artikel ini kami buat, agar pembaca dapat memahami bagaimana "Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog" agar setiap tulisan yang kita ketikan dalam membuat sebuah artikel atau content akan lebih tertarget pada mesin pencari dan akan membantu proses crawl lebih cepat pada artikel tersebut dan juga agar dapat bersaing dengan blog milik orang lain pada halaman pertama pageone mesin pencari google.

Dalam membuat sebuah artikel kita harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum kita akan membuat sebuah artikel atau konten dalam blog kita. Hal ini bertujuan agar setiap artikel atau konten yang telah kita buat agar bisa bersaing pada mesin pencari terutama google search.

Mungkin kalian pernah mengalaminya, ketika sudah selesai dan juga lelah membuat sebuah artikel dengan panjang 1000 atau 2000 kata dalam waktu 1 atau bahkan 3 haris, akan tetapi artikel tersebut setelah dipublikasikan tidak ada satu pengunjung yang datang membaca artikel tersebut melalui organic search.

Jika hal penting ini tidak dilakukan setiap membuat sebuah artikel pada blog. maka jangan heran setiap anda selesai dalam membuat sebuah artikel atau konten pada blog akan tetapi pengunjung yang datang melalui organic search sangat jarang dan sepi pengunjung atau bahkan tidak ada sama sekali.

Untuk itu pentingnya dalam melakukan Riset Keyword sebelum membuat sebuah artikel atau konten dalam blog. Sebelum kita membahas soal bagaimana cara mencari keyword untuk postingan blog, ada baiknya kita mencari tahu dulu apa itu yang dimaksud Riset keyword?

Riset Keyword

Riset keyword atau biasa disebut dengan mencari kata kunci merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) pada blog kita.

Hal ini bertujuan agar artikel yang ada dalam blog kita, bisa bersaing dengan artikel yang ada pada blog lainnya pada mesin pencari misalnya google, yahoo, bing ataupun yandex.

Jadi riset keyword sangat penting agar artikel yang kita buat bisa bersaing dengan artikel orang lain pada halaman pertama mesin pencari atau biasa disebut page one.

Fungsi Keyword Untuk Artikel

Dari penjelasan diatas pasti kita sudah mengetahui fungsi utama saat kita melakukan riset keyword.

berikut ini fungsi jika anda melakukan riset keyword terlebih dahulu saat membuat sebuah artikel pada blog.
  • Jumlah pesaing lebih sedikit pada mesin pencari.
  • Kesempatan Cukup besar bisa berada halaman pertama mesin pencari
  • Meningkatkan SEO pada blog anda.
Mungkin itu fungsi keyword yang perlu diketahui. Selanjutnya akan kami bahas tentang macam-macam keyword yang bisa digunakan saat membuat sebuah artikel di blog.

Macam-macam Keyword

Membuat sebuah kata kunci atau keyword ada bebarapa istilah yang perlu diketahui.

Berikut ini macam-macam keyword yang bisa digunakan dalam artikel blog.

Short Tail Keyword

Short Tail Keyword atau kata kunci pendek merupakan kata kunci yang umumnya hanya memiliki satu atau dua kata saja. Jika kalian mempunyai blog baru tentunya akan sangat sulit untuk bersaing menggunakan short tail keyword atau kata kunci pendek seperti ini.

Biasanya kata kunci yang memiliki satu atau dua kata memiliki pesaing yang cukup banyak.
Berikut ini contoh dari Short tail keyword :
  • keyword
  • Pengertian keyword.
  • kata kunci.
  • Jenis Keyword.
  • keyword blogger.
Bisa dilihat jumlah pesaing saat kami mencari kata kunci tentang "Keyword" terdapat 496 Juta lebih pesaing yang ada dalam mesin pencari.

Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog
Pencarian Google "Keyword"
Dapat dilihat pada gambar diatas, jika kita menggunakan short tail keyword pada judul blog. Hal ini tentunya membuat blog tersebut tidak bisa bersaing pada mesin pencari google.

Jika kualitas dari blog dan juga domain sudah sangat bagus, baik SEO ataupun backlink DA, PA atau rank anda pada alexa sangat bagus. tentunya kita bisa menggunakan short tail keyword pada judul artikel pada blog tersebut.

Long Tail Keyword 

Long Tail keyword atau kata kunci panjang merupakan kebalikan dari short tail keyword. Untuk jenis ini sangat direkomendasikan untuk pemain blog yang tidak memiliki ilmu dalam bidang SEO. dengan menggunakan kata kunci panjang pada judul blog anda maka akan terdapat peluang pada artikel anda bisa masuk halaman pertama mesin pencari google. Bisa anda lihat pada blog kami masih menggunakan jenis long tail keyword dalam menentukan judul artikel pada blog Indonesia Publisher.
Berikut ini Contoh penggunaan long tail keyword.
  • Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog.
  • Macam-macam keyword dalam pembuatan artikel.
  • Pengertian Keyword Bagi Pemula.
  • Pembahasan Lengkap tentang Keyword.
Jika anda menggunakan long tail keyword pada postingan artikel blog anda, kemungkinan kata kunci yang anda gunakan bisa berada pada halaman pertama google jika jumlah pesaing pada kata kunci tersebut hanya sedikit. Bisa anda baca artikel kami sebelumnya tentang "Cara Cepat Artikel Terindex Google Dalam 5 Menit". pada artikel tersebut kami menggunakan Long tail keyword dalam mencari jumlah pesaing agar artikel anda bisa masuk halaman pertama mesin pencari google. Bisa anda lihat pada gambar dibawah ini kami mencari jumlah pesaing yang menggunakan kata kunci pada blog kami.

Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog
Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog
Pada gambar diatas, bisa anda lihat tidak ada pesaing sama sekali pada keyword "Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog" bisa jadi pesaing kami pada mesin pencari google akan lebih sedikit dan akan ada kemungkinan artikel yang kami buat ini bisa berada pada halaman pertama google.

Keyword Abadi

Keyword Abadi merupakan kata kunci yang tidak akan hilang pada mesin pencari google, karena kata kunci tersebut tidak menggunakan jangka waktu atau musiman. Contohnya saat kita menggunakan keyword pada judul blog kita seperti ini "Cara Terbaru Mencari Keyword Artikel Tahun 2019". Pada contoh tersebut artikel ini membuat orang lain tidak akan tertarik untuk membaca walaupun berada pada posisi pertama mesin pencari google pada tahun 2020 atau 2021. 

karena artikel tersebut hanya fokus pada tahun 2019 saja ini biasanya disebut dengan keyword musiman. Jadi sangat disarankan dalam mencari keyword untuk judul blog jangan menggunakan waktu. 

Memang menggunakan waktu pada kata kunci pada judul blog membuat pesaing akan menjadi sangat kecil. Pada contoh sebelumnya kami membuat artikel tentang "Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Tahun 2019". Dengan keyword tersebut kami langsung berada pada halaman pertama google. Bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Cara mendapatkan uang dari internet tahun 2019
Contoh Keyword Musiman
Memang pada tahun 2018 atau tahun 2019 mungkin banyak yang akan mengakses artikel tersebut. akan tetapi jika waktu tersebut telah berlalu maka kemungkinan artikel tersebut tidak akan menarik untuk dibaca. Jadi sangat penting menggunakan keyword abadi pada judul artikel pada blog anda. Berikut ini contoh keyword abadi.
  • Cara mencari keyword untuk postingan blog.
  • Jenis-jenis keyword untuk blog.

Keyword Musiman


Keyword musiman merupakan kata kunci yang digunakan pada judul blog yang akan dicari pada musim-musim tertentu. Seperti yang kami jelaskan diatas keyword musiman tidak akan bertahan lama untuk mencari visitor blog. hal ini disebabkan pada keyword tersebut terdapat waktu-waktu tertentu atau musim tertentu. Misalnya pada blog dengan niche olahraga artikel tentang jadwal-jadwal olahraga yang telah berlalu mungkin tidak akan dibaca jika jadwal tersebut telah berlalu. Pada penjelasan "Keyword Abadi" Mungkin para pembaca sudah paham tentang Keyword Musiman.

Itulah penjelasan tentang keyword serta macam macam keyword yang dapat anda gunakan untuk menentukan judul blog. Jika kalian paham pada penjelasan diatas maka saatnya point penting untuk artikel kali ini tentang "Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog"

Cara Mencari Keyword Untuk Postingan Artikel Blog

Seperti yang dijelaskan sebelumnya dalam pembuat artikel terutama pada judul blog, kita harus melakukan riset keyword agar artikel yang kita buat bisa bersaing pada mesin pencari google. Berikut ini tutorial lengkap cara mencari keyword untuk postingan artikel anda. teknik yang kami bagikan ini merupakan teknik yang sering kami pakai pada blog kami "Indonesia Publisher".

Dalam melakukan riset keyword silahkan gunakan tools gratis yang ada di internet dalam menentukan keyword yang ingin anda gunakan. Berikut ini tools gratis yang sering kami gunakan yang ada dalam internet.
Untuk Ubersuggest dan keyword Shitter digunakan untuk menentukan keyword yang dapat digunakan sebagai judul artikel pada blog anda. Sedangkan fungsi dari google keyword planner digunakan untuk menganalisis tingkat pencarian dan persaingan pengiklan pada keyword tersebut.

Keyword Utama

Langkah pertama ialah mencari keyword utama yang sesuai dengan topik yang ada pada blog kalian. Menentukan keyword utama bertujuan untuk mendapatkan keyword lain atau biasa disebut dengan keyword turunan.

Usahakan dalam membuat sebuah artikel harus sesuai dengan topik atau niche blog yang dibahas. Disini akan kami ambil contoh blog "Indonesia Publisher" yang membahas seputar bisnis online jadi keyword utamanya bisa berupa.
  • Blogger
  • Bisnis Online
  • Adsense
  • SEO
Setelah keyword utama ditemukan silahkan gunakan tools gratis ubersuggest atau keyword Shitter untuk mencari keyword turunan dari keyword utama tersebut.

Keyword turunan tersebut yang akan digunakan sebagai long tail keyword pada judul postingan artikel blog.

Analisis Pesaing Long Tail Keyword

Setelah mendapatkan keyword turunan silahkan cari jumlah pesaing yang menggunakan keyword tersebut menggunakan teknik yang telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya.

Kami sering mencari jumlah pesaing pada keyword yang akan dijadikan sebagai judul artikel pada blog kami menggunakan allintitle:keyword dengan rumus tersebut mesin pencari google akan mencari situs-situs yang menggunakan kata kunci tersebut sebagai judul artikel.

Jika jumlah pesaing pada keyword yang anda gunakan lebih dari 100 atau bahkan 1000, silahkan kembangkan lagi keyword tersebut. Usahakan jumlah pesaing dalam keyword tersebut dibawah 100 hal ini agar artikel yang dibuat bisa bersaing pada halaman pertama mesin pencari google.

Setelah mendapatkan keyword turunan yang memiliki pesaing yang cukup sedikit di mesin pencari maka keyword tersebut dapat digunakan sebagai judul untuk postingan artikel pada blog anda.

Mungkin sampai disini dulu artikel kali ini, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share! atau jika para pembaca ingin bertanya, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar.




Posting Komentar

0 Komentar